Profil Potensi Desa

 

POTENSI DESA PODOMORO

  1. PETERNAK BURUNG

Di Podomoro sebagian  masyrakat memliki berbagai jenis burung dan paling banyak adalah jenis burung lovebird. Karena, burung jenis burung ini mempunyai nilai jual yang cukup tinggi berkisar 100-450 ribu. Sehingga banyak masyarakat desa tertetarik ukntuk memelihara dan mengembangbiakan burung untuk di perjual belikan. Didesa podomoro sekitar 100 orang berternak burung ini. Dari setiap orang bisa mempunyai 20-30 ekor burung.  Salah satu peternak burung ini adalah bapak bagong yang berlokasi di jalan nawatama. Bapak bagong mempunyi berbagai jenis burung sebanyak 500 ekor. Dan untuk jenis lovebird sendiri bapak bagong mempunyai 100 ekor.

 

  1. Produksi Tempe

Di podomoro terdapat sekitar  rumah produksi tempe yang setiap harinya dapat memproduksi tempe dengan bahan dasar kedelai sebanyak /hari setiap rumahnya.  Hasil produksi tempe kemudian didistribusikan ke perusahaan oleh-oleh makanan, ke rumah makan, sampai ke warung-warung. Penghasilan para pengusaha tempe berkisar  juta per-bulan.

 

 

 

  1. Produksi Olahan Tempe

Kini tempe tidak hanya diolah menjadi makanan pendamping nasi saja, melainkan saat ini banyak produsen olahan makanan yang berkreasi menjadikan tempe sebagai olahan yang menarik seperti keripik tempe dengan berbagai rasa mulai dari yang original sampai yang pedas. Rumah produksi  kreasi olahan tempe tersebut terletak di pekon podomora, kurang lebih terdapat  rumah produksi. Setiap rumah produksi dapat mengolah tempe sebanyak  bungkus perhari. Penghasilan dari olahan tersebut berkisar juta per bulan.

 

 

  1. petani bawang merahnya,

pekon podomoro sekarang terkenal dengan penghasil bawang merahnya, banyak warga pekon podomoro bercocok tanam bawang merah karena dalam perawatannya tidak cukup sulit dan memiliki harga jual cukup relative stabil di pasaran. para petani di pekon podomoro dapat memanen 100 kg bawang merah dengan luas tanah kurang lebih  ? , keuntungan yang diperoleh dapat mencapai sekitar ? juta dalam sekali panen.

 

  1. pengerajin gerabah

kerajinan gerabah yang terbuat dari tanah liat sekarang sudah mulai langka, tetapi hal tersebut tidak terjadi di pekon podomoro karena masih banyak warga di pekon podomoro yang memproduksi kerajinan gerabah yang terbuat dari tanah. dalam proses pembuatan memang membutuhkan waktu yang cukup lama, hal ini dikarenakan penggunaan alat dan proses pengolahannya yang masih tradisional. para pengerajin ingin tetap mempertahankan ketradisionalan dalam membuat gerabah sebagai bentuk untuk mempertahankan kualitas dan melestarikan budaya nenek moyang. pengerajin gerabah di pekon podomoro dapat memproduksi 50 kerajinan per hari dengan berbagai rupa, penghasilan para pengerajin gerabah dapat mencapai 3-4 juta perbulan.

 

 

  1. pasar asem

pasar asem merupakan pasar pagi yang terdapat di pekon podomoro terletak di dekat kantor kelurahan podomoro. pasar asem setiap pagi ramai dikunjungi warga pekon podomoro maupun warga di luar pekon. pedagang di pasar asem banyak didominasi warga podomoro, hal ini dikarenakn warga pekon podomoro selain berpofesi sebagai petani tetapi juga sebagai pedagang.

  1. ipal konunal

ipal komunal atau yang sering disebut septic tank merupakan instalasi pengolahan air limbah seperti limbah dari WC, air cuci/kamar mandi. ipal komunal yang berada di pekon podomoro di bangun oleh ??? yang terletak di?????, pembangunan ipal konumal  bertujuann untuk menjaga kesehatan dan lingkungan warga pekon podomoro, serta dapat menambah estetika, karena pembagunan ipal komunal disertai dengan tempat bermain dan tanaman bunga.

 

 

  1. peternak jangkrik

beternak jangkrik kini banyak digeluti oleh warga pekon podomoro, kurang lebih terdapat 10 orang yang berternak, hal ini dikarenakan dalam perawatannya jangkrik tidak begitu merepotkan dan penghasilan yang diperoleh cukup besar yaitu berkisar 2-3 juta per bulan dalam ? kandang jangkrik.

 

  1. bendungan bukit bintang

bendungan bukit bintang merupakan penampungan air yang dibangun oleh pemerintah guna untuk memberdayakan warga pekon podomoro khususnya pada bidang pertanian. bendungan bakit bintang selain dimanfaatkan sebagai saluran irigasi dapat pula dijadikan sebagai tempat untuk bersua foto dan tempat untuk mengusik kejenuhan seperti memancing bagi penggemar para pemancing.

 

 

 

 

a

 

 

 

 

 

 

 

TABEl

TINGKAT PENDIDIKAN

 

No

Jenjang Pendidikan

Jumlah

1

Tidak Sekolah

556

2

Belum tamat

1102

3

Tidak tamat SD

115

4

Tamat SD

1531

5

Tamat SLTP

836

6

Tamat SLTA

976

7

Tamat Akademi/Perguruan Tinggi

387

 

2.1.4.2 Kelembagaan Desa

Kelembagaan desa yang ada sekarang ini sudah berjalan cukup baik hanya saja perlu peningkatan kapasitas pengurus agar lembaga yang ada bisa dan mampu mandiri dalam mengelola lembaga tersebut. Adapun lembaga yang ada yaitu :

  1. Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) merupakan lembaga yang bergerak dibidang perencananaan dan pengelola kegiatan  Pembangunan.
  2. Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK)
  3. GAPOKTAN merupakan gabungan kelompok tani yang bergerak pada kegiatan pertanian.
  4. Linmas (Perlindungan Masyarakat)
  5. Pos Kesehatan Desa (Poskesdes)
  6. Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) adalah satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia dan mendukung Gerakan 100-0-100, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.
  7. Karang Taruna dengan nama Taruna Karya 14 merupakan lembaga pemuda yang bergerak pada kegiatan kepemudaan dan olah raga

 

2.1.4.3 Sarana dan Prasarana

Adanya Sarana dan prasarana yang memadai merupakan faktor yang sangat penting dalam proses pembangunan wilayah guna peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Untuk sarana dan prasarana jalan Desa Podomoro sudah cukup baik sebagai prasarana perhubungan jalan

Untuk sarana dan prasarana bidang pendidikan di Desa Podomoro sudah memiliki 4 (Empat) unit Sekolah Dasar , lalu sudah berdirinya Pendidikan Anak Usia Dini  PAUD), sedangkan MTS sudah ada. Masih banyak sarana prasarana yang harus diperbaiki, lapangan sepak bola yang tidak memenuhi standar, sarana air bersih, bendungan dan irigasi yang sampai saat ini perlu perbaikan.

 

2.1.5.Keadaan Ekonomi

2.1.5.1 Mata Pencaharian

Mata pencaharian masyarakat sangat dipengaruhi oleh dimana mereka tinggal dan hidup. Karena sebagain besar masyarakat Podomoro mengandalkan hidup pada hasil pertanian. Ketersediaan tenaga kerja untuk Desa Podomoro masih didominasi oleh lulusan SD atau yang sederajat hal ini dapat mempengaruhi kualitas kerja dan pengalaman serta pendapatan yang rendah, oleh karena itu mata pencaharian sebagian besar masyarakat adalah petani, buruh tani, serta menjadi buruh diluar desa dengan penghasilan yang rendah. Dengan penghasilan yang rendah berpengaruh pada rendahnya tingkat pendidikan dan derajat kesehatan masyarakat.

TABEL 3

PEKERJAAN

 

No

Mata Pencaharian

Jumlah

1

Belum/tidak bekerja

782

2

Mengurus rumah tangga

650

3

Pelajar/mahasiswa

1550

4

Pensiunan

23

5

PNS

52

6

TNI

2

7

Polri

6

8

Perdagangan

27

9

Petani/pekebun

613

10

Peternakan

86

11

Nelayan/perikanan

-

12

Industri

-

13

Kontruksi

1

14

Transportasi

-

15

Karyawan Swasta

40

16

Karyawan BUMN

-

17

Karyawan BUMD

-

18

Karyawan honorer

15

19

Buruh harian lepas

430

20

Buruh tani/pekebun

177

21

Buruh nelayan/perikanan

-

22

Buruh peternakan

-

23

Pembantu rumah tangga

5

24

Tukang cukur

-

25

Tukang listrik

-

26

Tukang batu

-

27

Tukang kayu

2

28

Tukang sol sepatu

-

29

Tukang las

8

30

Tukang jahit

3

31

Tukang gigi

-

32

Penata rias

1

33

Penata busana

-

34

Penata rambut

5

35

Mekanik

-

36

Seniman

-

37

Tabib

1

38

Peraji/dukun beranak

1

39

Pejahit

15

40

Penerjemah

-

41

Imam masjid

-

42

Pendeta

-

43

Pastur

-

45

Ustad

1

 

No

Mata Pencaharian

Jumlah

46

Juru masak

-

47

Promo acara

-

 48

Anggota DPR RI

-

49

Anggota DPD

-

50

Anggota BPK

-

51

Presiden

-

52

Wakil Presiden

-

53

Anggota MK

-

54

Anggota kabinet

-

55

Dubes

-

56

Gubernur

-

57

Wakil Gubernur

-

58

Bupati

-

59

Wakil Bupati

-

60

Walikota

-

61

Wakil Walikota

-

62

Anggota DPRD Propinsi

-

63

Anggota DPRD Kabupaten

-

64

Dosen

-

65

Guru

34

66

Pilot

-

67

Pengacara

-

68

Notaris

-

69

Arsitek

-

70

Akuntan

-

71

Konsultan

-

72

Dokter

-

73

Bidan

2

74

Perawat

11

75

Apoteker

-

76

Pskiater/pskolog

-

77

Penyiar televisi

-

78

Penyiar radio

-

79

Pelaut

-

80

Peneliti

-

81

Sopir

10

82

Pialang

-

83

Paranormal

3

84

Pedagang

138

85

Perangkat Desa

6

86

Kepala desa

1

87

Biarawati

-

88

Wiraswasta

73

89

Lainnya

64

 

 

2.1.5.2 Pola Penggunaan Lahan

Pengelolaan lahan pada umumnya, masyarakat masih menggunakan pola tradisional dan adat istiadat turun temurun dengan pola tanam campursari atau beraneka ragam tanaman (keanekaragaman hayati ).

 

TABEL 4

PENGGUNAAN TANAH

 

No

Tata Guna Tanah

Luas

1

Tanah Pemukiman

47 Ha

2

Tanah sawah irigasi tehnis

-

3

Tanah sawah irigasi setengah tehnis

158 Ha

4

Tanah sawah tadah hujan

10 Ha

5

Tanah Tegalan

33 Ha

6

Jalan, Sungai, Kuburan dll

5 Ha

 

2.1.5.3 Kondisi Pemerintahan Desa

Jarak pusat pemerintahan dengan :

  • Desa/kelurahan terjauh : 16 Km

Lama tempuh : 30 menit

  • Pusat kedudukan kecamatan : 2 Km

Lama tempuh : 15 menit

  • Ibukota Kabupaten : 15 Km

Lama tempuh : 30 menit

  • Ibukota Propinsi : 55 Km

Lama tempuh : 2 jam

 

2.1.6. Pembagian Wilayah Desa

2.1.6.1 Batas Wilayah

 Sebelah Utara                 : Pekon Podosari dan Sungai Way Sekampuh

 Sebelah Timur                : Pekon Bulukarto Kec. Gadingrejo

 Sebelah Selatan             : Pekon Sidoharjo dan Kelurahan Pringsewu Utara

 Sebelah Barat                 : Kelurahan Pringsewu Utara

 

2.1.6.2 Topografi dan Jenis Tanah

Desa Podomoro memiliki topografi dataran dengan kemiringan rata-rata 45% dan

berada pada ketinggian rata-rata 400-700 dpl.

 

2.1.6.3 Iklim

Desa Podomoro termasuk beriklim sejuk dengan suhu rata-rata antara 20 OC - 29 OC dan kelembaban rata-rata 70% - 85% serta curah hujan cukup tinggi mencapai

3000- 3500 mm/tahun.

 

2.1.6.4 Luas wilayah :

- Luas wilayah desa Podomoro 253 Ha

 

2.1.6.5 Wilayah bawahan terdiri dari :

  1. Desa Podomoro terdiri dari 3 Dusun
  2. Desa Podomoro terdiri dari 17 RT

2.1.6.6. Struktur Organisasi Pemerintah Desa


Kirim Komentar
CAPTCHA Image